BERITA

SOLIDARITAS UNTUK KORBAN BENCANA BANJIR BANDANG GARUT

korban-banjir-di-garutHari Selasa,tanggal 20 September 2016 sekitar pukul sekitar 23.00 WIB banjir bandang luapan Sungai Cimanuk menghantam beberapa kecamatan di wilayah Garut (Kecamatan Bayongbong, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Karangpawitan, Banyuresmi, dan Cimacan). Berdasarkan informasi awal yang dihimpun dari Badan SAR dan Penanggulangan Bencana Forum Komunikasi Keluarga Besar Pencinta Alam Bandung Raya/FK-KBPA-BR (update terkini tanggal 21 September 2016 pukul 22.59 WIB) korban meninggal dunia sebanyak 23 orang, lukaberat 4 orang danlukaringan 27 orang.

Sementara korban yang dinyatakan hilang sebanyak 12 orang. Jumlah pengungsi saat ini diperkirakan mencapai lebih dari 1000 orang dan sebagian besar belum tertampung pada posko-posko yang layak. Selain korban jiwa dampak dari bencana tersebut juga mengakibatkan ribuan rumah rusak berat, dan berbagai macam sarana infrastruktur mengalami kerusakan parah yang mengakibatkan “kelumpuhan”aktifitas normal sehari-hari masyarakat Garut.

Bencana ini, berdasarkan pengalaman disejumlah daerah akan diikuti dengan dampak bencana susulan yaitu menyebarnya wabah penyakit, kerugian ekonomi, serta dampak psikologis/trauma psikis yang tentunya tidak akan mudah “diobati” dan perlu uluran tangan berbagai pihak baik dukungan moril, spirituil maupun materil. Diperkirakan memerlukan waktu berbulan bulan kedepan untuk kembali memulihkan keadaan Garut untuk dapat kembali beraktifitas normal layaknya wilayah yang tidak terkena bencana.

Berdasarkan gambaran diatas, kami mengetuk hati nurani warga Bandung untuk mengulurkan bantuan berupa materi, obat-obatan, pakaian layak pakai, makanan siap saji, air minum dll yang akan segera disalurkan ke wilayah bencana.  Mudah-mudahan bantuan yang anda berikan menjadi berkah bagi mereka yang tertimpa bencana. Semoga Allah SWT membalas segala kebaikan saudara-saudara dengan pahala berlipat ganda dan semoga korban bencana Garut dapat segera pulih dari dampak bencana tersebut.

POSKO BANTUAN RELAWAN BENCANA GARUT DAN SUMEDANG

BADAN SAR DAN PENANGGULANGAN BENCANA

 FORUM KOMUNIKASI KELUARGA BESAR PECINTA ALAM

BANDUNG RAYA

 

Sekertariat:

 MAPELLA-UNLA, Jalan Karapitan No. 116 Bandung

www.mapella-unla.org

 

Contact person:

Achiel Djayakusumah/08122441919

Hendra Hidayat/0819910268909

Asep Domy/082319353072

Rizal Taufiq/081220558593

Leave a Reply

Your email address will not be published.