ARTIKEL

GUNUNG PATUHA, 2.386 MDPL

OK.G
Gunung Patuha mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Selain itu Gunung Patuha memiliki sebuah kawah yang benama Kawah Putih yang sekarang dijadikan obyek wisata.

Gunung Patuha adalah gunung berapi kembar lama, tertutup hutan dengan dua kawah 600 m terpisah terletak SW dari kota Bandung, ibukota Jawa Barat. Salah satu kawah yang yang ditambang untuk belerang.

Gunung Patuha merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di wilayah Bandung Selatan Provinsi Jawa Barat, Tingginya 2.386 meter. Gunung patuha memiliki kawah yang sangat eksotik, yaitu kawah putih. Kawah yang terbentuk dari letusan gunung patuha itu memiliki dinding kawah dan air yang berwarna putih.

Gunung berapi andesit dalam komposisi. Yang dua kawah diselaraskan NW-SE. Kawah NW-sebagian besar adalah tertinggi dan kering, sementara Kawah Putih, kawah kedua memiliki Danau kawah putih kehijauan dangkal dan ditambang untuk belerang.

Lahar dan deposito besar puing-puing-longsoran yang hadir untuk 20 km timur laut dari gunung berapi. Gunung berapi ini terbentuk selama akhir Plestosen, tetapi tidak ada sejarah letusan yang dikenal dari Patuha.(sumber: wikipedia.org – http://www.volcanodiscovery.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published.